Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata (YKP Permata) didirikan pada 8 April 2003 oleh Pegadaian atas inisiasi dari beberapa pejabat dan karyawan saat itu. Pendirian yayasan ini didorong oleh keprihatinan atas hilangnya jaminan kesehatan bagi karyawan setelah pensiun akibat perubahan status Pegadaian dari Perusahaan Jawatan (Perjan) menjadi Perusahaan Umum (Perum) pada tahun 1990.
Sebelumnya, sebagai Perjan, Pegadaian memberikan jaminan kesehatan bagi para karyawan setelah purna tugas. Namun, setelah berubah menjadi BUMN, kebijakan tersebut tidak lagi berlaku. Kekhawatiran akan kesejahteraan para pensiunan mendorong sejumlah karyawan dan pejabat aktif, dipelopori oleh Bapak Purwono Pudyolaksono dan Bapak Soepatmoko (Alm), untuk mendiskusikan solusi dalam forum Serikat Pekerja Pegadaian yang diketuai oleh Bapak Wasis Djuhar (Alm).
Dari diskusi tersebut, diajukan gagasan kepada Direksi Pegadaian untuk mendirikan yayasan yang bertujuan mengelola jaminan kesejahteraan dan kesehatan para pensiunan. Setelah melalui berbagai kajian aspek legal, keuangan, dan teknis, akhirnya dibentuklah YKP Permata sebagai wadah untuk memberikan jaminan kesehatan bagi Pensiunan Pegadaian.
Pada tahun 2011, terjadi perubahan kebijakan dalam mekanisme pendanaan yayasan. Jika sebelumnya didukung oleh iuran karyawan, maka setelahnya PT Pegadaian secara penuh memberikan donasi untuk operasional YKP Permata. Dengan model ini, yayasan tetap dapat memberikan manfaat kepada Pensiunan, termasuk menanggung biaya kesehatan suami, istri, dan maksimal dua anak sesuai ketentuan yang berlaku.
Adapun logo YKP Permata terdiri dari satu lingkaran yang didalamnya terdapat visualisasi adanya 2 (dua) orang yang menari bahagia dengan perpaduan warna hijau tua, hijau muda dan putih.
Logo YKP Permata memiliki filosofi yang mencerminkan nilai dan tujuan yayasan, penjelasan logo dapat disampaikan sebagai berikut :
Secara keseluruhan, logo ini mencerminkan komitmen YKP Permata dalam memberikan perlindungan kesejahteraan dan kesehatan bagi Pensiunan Pegadaian dengan penuh ketulusan, sehingga mereka dapat menikmati masa pensiun dengan lebih tenang dan bahagia.
Sejak berdiri, YKP Permata terus melakukan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan profesionalisme dan kemandirian yayasan. Beberapa upaya yang telah dilakukan meliputi:
Komitmen kami untuk menjadi Yayasan Profesional, Mandiri, dan Amanah terwujud melalui kinerja yang terukur. Tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan menjadi landasan kami dalam memberikan layanan kesejahteraan yang terpercaya.
Sebagai bagian dari strategi kemandirian, YKP Permata mengembangkan unit usaha klinik yang awalnya hanya melayani Pensiunan secara gratis hingga saat ini klinik dikembangkan untuk berbagai manfaat, antara lain:
Untuk memastikan keberlanjutan dan profesionalisme, yayasan menunjuk Manajer Klinik guna memastikan pengelolaan yang lebih fokus, transparan, dan efisien.
Kontak kami:
kepesertaan@ykp-pegadaian.or.id