Profil

Tentang Kami

Latar Belakang

Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata (YKP Permata) didirikan pada 8 April 2003 oleh Pegadaian atas inisiasi dari beberapa pejabat dan karyawan saat itu. Pendirian yayasan ini didorong oleh keprihatinan atas hilangnya jaminan kesehatan bagi karyawan setelah pensiun akibat perubahan status Pegadaian dari Perusahaan Jawatan (Perjan) menjadi Perusahaan Umum (Perum) pada tahun 1990.

Sebelumnya, sebagai Perjan, Pegadaian memberikan jaminan kesehatan bagi para karyawan setelah purna tugas. Namun, setelah berubah menjadi BUMN, kebijakan tersebut tidak lagi berlaku. Kekhawatiran akan kesejahteraan para pensiunan mendorong sejumlah karyawan dan pejabat aktif, dipelopori oleh Bapak Purwono Pudyolaksono dan Bapak Soepatmoko (Alm), untuk mendiskusikan solusi dalam forum Serikat Pekerja Pegadaian yang diketuai oleh Bapak Wasis Djuhar (Alm).

Dari diskusi tersebut, diajukan gagasan kepada Direksi Pegadaian untuk mendirikan yayasan yang bertujuan mengelola jaminan kesejahteraan dan kesehatan para pensiunan. Setelah melalui berbagai kajian aspek legal, keuangan, dan teknis, akhirnya dibentuklah YKP Permata sebagai wadah untuk memberikan jaminan kesehatan bagi Pensiunan Pegadaian.

Pada tahun 2011, terjadi perubahan kebijakan dalam mekanisme pendanaan yayasan. Jika sebelumnya didukung oleh iuran karyawan, maka setelahnya PT Pegadaian secara penuh memberikan donasi untuk operasional YKP Permata. Dengan model ini, yayasan tetap dapat memberikan manfaat kepada Pensiunan, termasuk menanggung biaya kesehatan suami, istri, dan maksimal dua anak sesuai ketentuan yang berlaku.

Makna Logo

Adapun logo YKP Permata terdiri dari satu lingkaran yang didalamnya terdapat visualisasi adanya 2 (dua) orang yang menari bahagia dengan perpaduan warna hijau tua, hijau muda dan putih.

Logo YKP Permata memiliki filosofi yang mencerminkan nilai dan tujuan yayasan, penjelasan logo dapat disampaikan sebagai berikut :

  • Lingkaran: melambangkan Pelindung.
  • Dua sosok manusia dengan ekspresi bahagia: melambangkan Pensiunan dan keluarganya.
  • Warna hijau tua: menggambarkan kesejahteraan.
  • Warna hijau muda: melambangkan kebahagiaan.
  • Warna putih: mencerminkan ketulusan.

Secara keseluruhan, logo ini mencerminkan komitmen YKP Permata dalam memberikan perlindungan kesejahteraan dan kesehatan bagi Pensiunan Pegadaian dengan penuh ketulusan, sehingga mereka dapat menikmati masa pensiun dengan lebih tenang dan bahagia.

Visi Yayasan

Menjadi yayasan yang profesional, mandiri, dan amanah dalam mengelola kesejahteraan Pensiunan Pegadaian

Misi Yayasan

Perkembangan YKP Permata

Sejak berdiri, YKP Permata terus melakukan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan profesionalisme dan kemandirian yayasan. Beberapa upaya yang telah dilakukan meliputi:

  1. Penyesuaian Struktur Organisasi dengan menambahkan posisi Manajer Risiko, Legal, dan Kepatuhan guna meningkatkan tata kelola yayasan yang lebih baik dan sesuai regulasi.
  2. Optimalisasi Investasi membentuk bagian Manajer Investasi untuk mengelola dana yayasan secara optimal melalui instrumen investasi yang aman dan menguntungkan.
  3. Pengembangan Unit Usaha Klinik yang dikelola yayasan kini semakin berkembang dengan layanan lebih luas, tidak hanya bagi Pensiunan, tetapi juga karyawan aktif dan masyarakat sekitar.
  4. Peningkatan Tata Kelola dan Transparansi, Yayasan mulai menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana serta layanan kepada Pensiunan.

Kilas Kinerja

Kinerja Tahun 2025

2025: Kinerja Positif Berkelanjutan

Komitmen kami untuk menjadi Yayasan Profesional, Mandiri, dan Amanah terwujud melalui kinerja yang terukur. Tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan menjadi landasan kami dalam memberikan layanan kesejahteraan yang terpercaya.

Pengembangan Unit Usaha Klinik

Sebagai bagian dari strategi kemandirian, YKP Permata mengembangkan unit usaha klinik yang awalnya hanya melayani Pensiunan secara gratis hingga saat ini klinik dikembangkan untuk berbagai manfaat, antara lain:

  • Memberikan layanan kesehatan tidak hanya bagi Pensiunan, tetapi juga karyawan aktif dan masyarakat umum.
  • Menjadi sumber pendapatan yang membantu yayasan dalam membiayai operasional tanpa harus sepenuhnya bergantung pada donasi dari PT Pegadaian.
  • Mengalihkan risiko biaya kesehatan dengan bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

Untuk memastikan keberlanjutan dan profesionalisme, yayasan menunjuk Manajer Klinik guna memastikan pengelolaan yang lebih fokus, transparan, dan efisien.

Kami hadir untuk mendukung kesejahteraan kesehatan pensiunan Pegadaian.

Kami hadir untuk membuat Anda bahagia dan tak perlu cemas dengan jaminan kesehatan di masa pensiun.

Copyright @2024 All rights reserved YKP Permata.

Butuh Bantuan?